Friday, March 09, 2012

Info mutasi kendaraan roda dua (mutasi masuk) bagian 2


Ini adalah bagian kedua dari informasi saya mengenai seluk beluk mutasi kendaraan roda dua, yang akan menjelaskan mengenai mutasi masuk. Untuk yang pingin tahu bagian pertama, info ttg mutasi keluar, klik link ini (pertama).  Proses mutasi masuk saya lakukan di Cinere, Depok tepatnya di Samsat Cinere.  Lokasi Samsat Cinere adalah di link ini (wikimapia).
Samsat Cinere (dapet dr ngoprek di Internet)

Tadinya saya ke Samsat Depok, ternyata petugas di sana bilang berhubung alamat saya di Cinere, maka proses mutasinya di Samsat Cinere.  Berikut adalah urutan prosesnya.
1.   Dokumen yang dari Samsat Jakarta Selatan, saya berikan ke ruang Cek Fisik untuk dilegalisir. Motor juga saya bawa, tapi tidak dilakukan proses gesek no mesin dan no rangka lagi. Proses memakan waktu 5 menit dan biayanya 35.000.  Letak ruang Cek Fisik di belakang gedung Samsat Cinere.
2. Selanjutnya saya menuju tempat foto copy di sebelah kanan gedung. Seperti halnya waktu proses foto copy di Samsat Jak-Sel maka di sini juga berlaku hal yang sama.  Saya bilang mau melakukan proses mutasi masuk dan kemudian berkas-berkas saya ditata ulang, difotocopy bila ada yang kurang dan saya tinggal terima beres.  Biaya nya 8.000 dan memakan waktu 10 menit.
3.  Kemudian saya ke lantai 3 gedung Samsat Cinere. Disitu saya langsung ke loket I atau loket Mutasi Ex Luar Daerah. Dokumen diperiksa dan dinyatakan lengkap. Biayanya 60.000 dan memakan waktu proses kira-kira 15 menit s/d 1 hari. Mengapa kira-kira? Karena waktu saya nyampe di loket, udah hampir jam 14.00. Pelayanan buka dari jam 08.00 s/d 14.00.  Dengan demikian saya terpaksa kembali keesokan harinya… hehe..
4.  Dokumen yang masuk di loket mutasi ex luar daerah, akan mengalir menuju loket Kasir (loket IV), saya dipanggil dan membayar pajak kendaraan bermotor untuk setahun ke depan. Biayanya 299.000 dengan waktu pelayanan sekitar 5 menit.  Kembali dokumen mengalir ke loket sebelahnya.
5.   Setelah menunggu sekitar 15 menit, saya dipanggil di loket Cetak STNK & Penyerahan STNK, TNKB (sebelah loket kasir) dan menerima TNKB (plat nomer) baru, STNK dan SKP. Tanpa tambahan biaya lagi.
6.  Selesai sudah keseluruhan proses mutasi kendaraan roda dua… Lega rasanya… Tinggal urusan Ganti BPKB, kan plat nomer dan alamat berubah tuh.. Info nya disambung di tulisan berikutnya ya..
Total Biaya Mutasi Masuk…
No
Keterangan
Biaya
Waktu
1
Proses Cek Fisik
35.000
5 menit
2
Foto copy
8.000
10 menit
3
Proses Mutasi
60.000
20 menit
4
Proses Kasir (Pajak Kend.)
299.000
5 menit
5
Proses TNKB, STNK, SKP
0
15 menit
6
Parkir keluar
1.000

Total
403.000

Total Biaya Mutasi…
No
Keterangan
Biaya
1
Proses Mutasi Keluar
465.000
2
Proses Mutasi Masuk
403.000
Total
868.000

(sumber foto, ngoprek di Internet) 

4 comments:

  1. Nice info Jusa,

    Rencana sy jg mo ngurus sendiri dari jkt-barat ke cinere (depok) tp mslhny STNK hilang n cm pny nya(surat keterangan dr polisi)walau kmaren2 udh tnya sana sini (termasuk calo&pegawai samsat)

    Tp optimis harus bisa...

    Thx ya...

    ReplyDelete
  2. Tk informasinya, sayang Anda tidak menyebutkan secara rinci apa saja persyaratan yg harus dipenuhi. Sekali lagi terima kasih, karena sy juga dlm proses mutasi masuk ke DKI dari Jateng

    ReplyDelete
  3. itungan biaya mutasi keluar 465.000 dari mana gan......

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek di sini bro...
      http://jusa-js.blogspot.com/2012/03/info-mutasi-kendaraan-roda-dua-antar.html

      Delete