Sunday, March 04, 2012

Info mutasi kendaraan roda dua (mutasi keluar) bagian 1


Bagi yang pengen tahu mengenai seluk beluk mutasi kendaraan roda dua, berikut adalah catatan kecil pengalaman saya mengurus hal tersebut.
Sebelum saya uraikan lebih lanjut, syarat dan kondisi yang ada pada kendaraan dan diri saya adalah sebagai berikut:
  1. Pengalaman ini, terjadi pada akhir bulan Peb 2012 s/d awal Maret 2012
  2. Saya tidak memakai jasa calo, alias ngurus sendiri. Tau sendiri deh rasanya, mbulet dan bingung.
  3. Belum pernah ngurus mutasi kendaraan, sebelumnya (no experience).
  4. Kendaraan roda dua milik sendiri dan udah lunas, jadi BPKB sudah di tangan.
  5. Ngga bayar pajak setahun, mestinya bayar pas awal bulan Maret 2011.
  6. Waktu beli kendaraan, alamat KTP di Jakarta Selatan (sama dengan alamat di STNK dan BPKB) kemudian pindah ke Cinere, Depok, Jabar.
  7. Oleh sebab itu, maka info mutasi ini hanya membahas perpindahan dari propinsi DKI-Jaya ke propinsi Jawa Barat, dengan kepemilikan yang tidak berubah.
  8. Dokumen yang harus disiapkan, STNK, SKP, BPKB, KTP. Semuanya harus asli.
Berhubung KTP lama saya beralamat di Jakarta Selatan, maka saya datang ke Samsat Jakarta Selatan di dekat Semanggi (Polda).  Masuk bayar karcis 1.000 terus cari parkir deket gedung Samsat.  Bagi yang ngga tau lokasi Samsat Jakarta Selatan, silahkan buka link ini (wikimapia).  Gambar di bawah menunjukan, gedung Samsat Jak-Sel (arah panah warna putih)
Lokasi Samsat Jakarta Selatan (print screen dr Wikimapia)

1.   Pertama kali yang harus dilakukan adalah cari tukang foto copy, bukan sembarang tukang foto copy, tapi mereka yang ada di lingkungan samsat, tepatnya di Gedung Samsat, cari di lantai 2.  Serahkan semua berkas asli, STNK, SKP, BPKB, KTP dan bilang sama dia, saya mau mutasi kendaraan.  Petugas tersebut akan memfoto copy semua yang diperlukan dan menyiapkan urutan sesuai keperluan (Enak kan? Kita ngga perlu pusing dengan urutan tata letak dokumen tersebut).  Setelah selesai, saya bayar 2.000, waktu yang diperlukan sekitar 5 menit.
2.  Selanjutnya saya dan kendaraan menuju ke area cek fisik (arah panah warna biru).  Bilang ke petugas, mau cek fisik. Lalu tunjukkan STNK kita (di dokumen yg udah ditata tersebut), maka petugas akan mencatat dan memberikan lembaran kertas untuk digesek (kalo dia nanya buat apa, ya tinggal bilang aja, buat mutasi ke luar daerah). Cari petugas tukang gesek, minta tolong dia menggesek no rangka dan no mesin kendaraan.  Setelah selesai, saya kasih tip 5.000, waktu yang diperlukan sekitar 5 menit
3.    Masih di area cek fisik, saya menuju ke loket pendaftaran, sambil membawa lembaran hasil cek fisik dan berkas-berkas foto copy dan aslinya.  Berikan semua ke petugas, nanti dia yang akan memilah mana yang diperlukan dan mana yang tidak.  Biaya di loket pendaftaran sebesar 30.000.  Tunggu sekitar 20 menit, nanti akan dipanggil dan diberi dokumen.
4.  Selesai dari cek fisik, saya menuju ke gedung TMC (arah panah warna kuning). Jangan lupa kendaraannya diparkir lagi di tempat parkir..  Di gedung TMC, saya ke loket pendaftaran, minta formulir, diisi data-data lalu diserahkan kembali.  Waktu penyerahan kembali formulir, sertakan pula dokumen yg sdh difotocopy dan berkas aslinya serta dokumen dan hasil gesek dari tempat cek fisik. Oleh petugas, saya diberi lembar fotocopy STNK dan SKP, untuk pegangan saya dan tanda terima penyerahan dokumen mutasi (jangan dihilangkan!). Biaya proses mutasi sebesar 125.000 dan memakan waktu sekitar 5 menit 1 minggu. Lho?! Ngga salah tuh?! Iya, 5 menit proses penyerahan kembali berkas, lalu kita pulang, nunggu 1 minggu baru balik lagi ke TMC. Mangkanya proses nya 5 menit 1 minggu.. hehe...  Pulang, keluar lokasi Samsat (Polda), serahin karcis parkir dan bayar 1.000.

Syarat-2 Mutasi Keluar Daerah (dijepret di TMC)

5.  Setelah nunggu 1 minggu, saya balik lagi ke TMC (masuk bayar parkir lagi, 1.000) untuk ambil dokumen-2 (ngambilnya pake tanda terima, yang waktu itu dikasih) lalu menuju ke gedung Samsat, lantai 3, ke bagian SKP. Semua berkas yang dari TMC saya taruh di loket SKP (kecuali BPKB asli, tetap saya pegang), untuk dicek pembayaran fiskalnya.  Waktu tunggu sekitar 15 menit dan saya diberi tanda terima dokumen. Setelah dipanggil, dokumen saya ambil, dikenakan biaya 10.000 lalu saya ke loket Jasa Raharja.
6.   Di loket Jasa Raharja, dokumen saya serahkan, lalu tunggu sekitar 5 menit sampai kemudian saya diberi lembar kwitansi. Tidak ada biaya.  Letak loket bersebelahan dengan loket SKP.
7.  Berkas yang saya terima dari Jasa Raharja, saya bawa ke loket Kasir (bersebelahan juga) untuk bayar pajak kendaraan bermotor yang nunggak dan asuransi jasa raharja. Di sini saya dikenakan biaya 264.000, waktu proses 5 menit.  Biaya di bagian ini bisa berbeda-beda, tergantung jenis dan tipe kendaraannya.
8.  Dokumen lalu saya bawa kembali ke loket SKP untuk diperiksa ulang lalu mereka akan menyerahkan berkas ke loket Fiskal. Jadi saya tinggal tunggu aja di loket Fiskal setelah saya serahkan berkas di loket SKP.  Waktu tunggu sekitar 20 menit. Sambil menunggu perlu juga sesekali menengok dan bertanya ke petugas di loket Fiskal, apakah dokumen kita sudah selesai prosesnya atau belum. Biaya di loket fiskal adalah sebesar 15.000.
9.   Kelar dari loket Fiskal, saya menuju ke lantai basement (masih di gedung Samsat), tepatnya menuju ke ruang Arsip. Kembali dokumen saya serahkan semua utk diperiksa oleh petugas arsip. Waktu tunggu sekitar 20 menit dan biaya sebesar 10.000. Setelah dipanggil petugas, saya diberi dokumen-dokumen utk diserahkan ke Samsat Cinere.
10. Selesai juga akhirnya proses di Samsat Jakarta Selatan… Jangan lupa periksa dokumen-dokumen. Terus terang, saya tidak paham, mengenai kelengkapan dokumen, jadi jangan tanya detailnya ya. Tapi paling tidak, periksalah, jangan sampai berkas kita tertukar atau keliru penulisan nama setiap kali kita menyelesaikan tiap-tiap proses. Keluar dari Samsat Jakarta Selatan, serahkan karcis parkir dan uang 1.000 saja
Total Biaya Mutasi Keluar…
No
Keterangan
Biaya
Waktu
1
Parkir masuk (2 kali)
2.000

2
Foto copy
2.000
5 menit
3
Jasa Tukang Gesek
5.000
5 menit
4
Proses Cek Fisik
30.000
20 menit
5
Proses Mutasi
125.000
5 mnt 1 minggu
6
Proses SKP
10.000
15 menit
7
Proses Jasa Raharja
0
5 menit
8
Proses Kasir (Pajak Kend.)
264.000
5 menit
9
Proses Fiskal
15.000
20 menit
10
Proses Arsip
10.000
20 menit
11
Parkir keluar (2 kali)
2.000

Total
465.000


(sumber foto: print screen dari Wikimapia.Org dan Jepret DW)

4 comments:

  1. Berharga sekali gan. Ane bermaksud mau mutasi juga kendaraan dari jak-tim ke depok (cinere) dan rencananya mau dilakukan sendiri (non calo).
    Ijin copy ya gan, buat panduan pas pengurusan

    ReplyDelete
  2. terimakasih informasinyaa.. sangat membantu sekali...

    ReplyDelete
  3. Thanks infonya, akurat..
    Cuma ane ini bru sampe step 4; yang 5menit 1minggu hehehe.
    tadi cuma bayar 75.000 bukan 125.000
    THanks infonya gan

    ReplyDelete
  4. untuk Informasinya saya cabut berkas di Samsat bandung timur cuma 75 Ribu saja (resmi bayar di BRI) tidak ada pungli sedikitpun, salut buat Samsat Bandung timur

    ReplyDelete