Bagi yang pengen tahu mengenai seluk beluk
mutasi kendaraan roda dua, berikut adalah catatan kecil pengalaman saya
mengurus hal tersebut.
Sebelum saya uraikan lebih lanjut, syarat dan kondisi yang ada pada
kendaraan dan diri saya adalah sebagai berikut:
- Pengalaman
ini, terjadi pada akhir bulan Peb 2012 s/d awal Maret 2012
- Saya tidak
memakai jasa calo, alias ngurus sendiri. Tau sendiri deh rasanya, mbulet
dan bingung.
- Belum pernah
ngurus mutasi kendaraan, sebelumnya (no experience).
- Kendaraan roda
dua milik sendiri dan udah lunas, jadi BPKB sudah di tangan.
- Ngga bayar
pajak setahun, mestinya bayar pas awal bulan Maret 2011.
- Waktu beli
kendaraan, alamat KTP di Jakarta Selatan (sama dengan alamat di STNK dan BPKB) kemudian pindah ke Cinere, Depok,
Jabar.
- Oleh sebab
itu, maka info mutasi ini hanya membahas perpindahan dari propinsi
DKI-Jaya ke propinsi Jawa Barat, dengan kepemilikan yang tidak berubah.
- Dokumen
yang harus disiapkan, STNK, SKP, BPKB, KTP. Semuanya harus asli.
Berhubung KTP lama saya beralamat di Jakarta Selatan,
maka saya datang ke Samsat Jakarta Selatan di dekat Semanggi (Polda). Masuk bayar karcis 1.000 terus cari parkir deket gedung Samsat. Bagi yang ngga tau lokasi Samsat Jakarta
Selatan, silahkan buka link ini (wikimapia). Gambar di bawah menunjukan, gedung Samsat
Jak-Sel (arah panah warna putih)
Lokasi Samsat Jakarta Selatan (print screen dr Wikimapia) |
1. Pertama
kali yang harus dilakukan adalah cari tukang foto copy, bukan sembarang tukang
foto copy, tapi mereka yang ada di lingkungan samsat, tepatnya di Gedung Samsat,
cari di lantai 2. Serahkan semua berkas
asli, STNK, SKP, BPKB, KTP dan bilang sama dia, saya mau mutasi kendaraan. Petugas tersebut akan memfoto copy semua yang
diperlukan dan menyiapkan urutan sesuai keperluan (Enak kan ? Kita ngga perlu pusing dengan urutan
tata letak dokumen tersebut). Setelah
selesai, saya bayar 2.000, waktu
yang diperlukan sekitar 5 menit.
2. Selanjutnya
saya dan kendaraan menuju ke area cek fisik (arah panah warna biru). Bilang ke petugas, mau cek fisik. Lalu
tunjukkan STNK kita (di dokumen yg udah ditata tersebut), maka petugas akan
mencatat dan memberikan lembaran kertas untuk digesek (kalo dia nanya buat apa,
ya tinggal bilang aja, buat mutasi ke luar daerah). Cari petugas tukang gesek,
minta tolong dia menggesek no rangka dan no mesin kendaraan. Setelah selesai, saya kasih tip 5.000, waktu yang diperlukan sekitar 5
menit
3. Masih di
area cek fisik, saya menuju ke loket pendaftaran, sambil membawa lembaran hasil
cek fisik dan berkas-berkas foto copy dan aslinya. Berikan semua ke petugas, nanti dia yang akan
memilah mana yang diperlukan dan mana yang tidak. Biaya di loket pendaftaran sebesar 30.000.
Tunggu sekitar 20 menit, nanti akan dipanggil dan diberi dokumen.
4. Selesai
dari cek fisik, saya menuju ke gedung TMC (arah panah warna kuning). Jangan
lupa kendaraannya diparkir lagi di tempat parkir.. Di gedung TMC, saya ke loket pendaftaran,
minta formulir, diisi data-data lalu diserahkan kembali. Waktu penyerahan kembali formulir, sertakan
pula dokumen yg sdh difotocopy dan berkas aslinya serta dokumen dan hasil gesek
dari tempat cek fisik. Oleh petugas, saya diberi lembar fotocopy STNK dan SKP,
untuk pegangan saya dan tanda terima penyerahan dokumen mutasi (jangan
dihilangkan!). Biaya proses mutasi sebesar 125.000
dan memakan waktu sekitar 5 menit 1 minggu. Lho?! Ngga salah tuh?! Iya, 5 menit
proses penyerahan kembali berkas, lalu kita pulang, nunggu 1 minggu baru balik
lagi ke TMC. Mangkanya proses nya 5 menit 1 minggu.. hehe... Pulang, keluar lokasi Samsat (Polda), serahin
karcis parkir dan bayar 1.000.
Syarat-2 Mutasi Keluar Daerah (dijepret di TMC) |
5. Setelah
nunggu 1 minggu, saya balik lagi ke TMC (masuk bayar parkir lagi, 1.000) untuk ambil dokumen-2 (ngambilnya
pake tanda terima, yang waktu itu dikasih) lalu menuju ke gedung Samsat, lantai
3, ke bagian SKP. Semua berkas yang dari TMC saya taruh di loket SKP (kecuali
BPKB asli, tetap saya pegang), untuk dicek pembayaran fiskalnya. Waktu tunggu sekitar 15 menit dan saya diberi
tanda terima dokumen. Setelah dipanggil, dokumen saya ambil, dikenakan biaya 10.000 lalu saya ke loket Jasa Raharja.
6. Di loket
Jasa Raharja, dokumen saya serahkan, lalu tunggu sekitar 5 menit sampai
kemudian saya diberi lembar kwitansi. Tidak ada biaya. Letak loket bersebelahan dengan loket SKP.
7. Berkas
yang saya terima dari Jasa Raharja, saya bawa ke loket Kasir (bersebelahan
juga) untuk bayar pajak kendaraan bermotor yang nunggak dan asuransi jasa
raharja. Di sini saya dikenakan biaya 264.000,
waktu proses 5 menit. Biaya di bagian ini
bisa berbeda-beda, tergantung jenis dan tipe kendaraannya.
8. Dokumen
lalu saya bawa kembali ke loket SKP untuk diperiksa ulang lalu mereka akan
menyerahkan berkas ke loket Fiskal. Jadi saya tinggal tunggu aja di loket
Fiskal setelah saya serahkan berkas di loket SKP. Waktu tunggu sekitar 20 menit. Sambil
menunggu perlu juga sesekali menengok dan bertanya ke petugas di loket Fiskal,
apakah dokumen kita sudah selesai prosesnya atau belum. Biaya di loket fiskal
adalah sebesar 15.000.
9. Kelar
dari loket Fiskal, saya menuju ke lantai basement (masih di gedung Samsat),
tepatnya menuju ke ruang Arsip. Kembali dokumen saya serahkan semua utk
diperiksa oleh petugas arsip. Waktu tunggu sekitar 20 menit dan biaya sebesar 10.000. Setelah dipanggil petugas, saya
diberi dokumen-dokumen utk diserahkan ke Samsat Cinere.
10. Selesai
juga akhirnya proses di Samsat Jakarta
Selatan… Jangan lupa periksa dokumen-dokumen. Terus terang, saya tidak paham,
mengenai kelengkapan dokumen, jadi jangan tanya detailnya ya. Tapi paling tidak,
periksalah, jangan sampai berkas kita tertukar atau keliru penulisan nama
setiap kali kita menyelesaikan tiap-tiap proses. Keluar dari Samsat Jakarta
Selatan, serahkan karcis parkir dan uang 1.000
saja
Total Biaya Mutasi Keluar…
No
|
Keterangan
|
Biaya
|
Waktu
|
1
|
Parkir masuk (2
kali)
|
2.000
|
|
2
|
Foto copy
|
2.000
|
5 menit
|
3
|
Jasa Tukang Gesek
|
5.000
|
5 menit
|
4
|
Proses Cek Fisik
|
30.000
|
20 menit
|
5
|
Proses Mutasi
|
125.000
|
5 mnt 1 minggu
|
6
|
Proses SKP
|
10.000
|
15 menit
|
7
|
Proses Jasa
Raharja
|
0
|
5 menit
|
8
|
Proses Kasir
(Pajak Kend.)
|
264.000
|
5 menit
|
9
|
Proses Fiskal
|
15.000
|
20 menit
|
10
|
Proses Arsip
|
10.000
|
20 menit
|
11
|
Parkir keluar (2
kali)
|
2.000
|
|
Total
|
465.000
|
Berharga sekali gan. Ane bermaksud mau mutasi juga kendaraan dari jak-tim ke depok (cinere) dan rencananya mau dilakukan sendiri (non calo).
ReplyDeleteIjin copy ya gan, buat panduan pas pengurusan
terimakasih informasinyaa.. sangat membantu sekali...
ReplyDeleteThanks infonya, akurat..
ReplyDeleteCuma ane ini bru sampe step 4; yang 5menit 1minggu hehehe.
tadi cuma bayar 75.000 bukan 125.000
THanks infonya gan
untuk Informasinya saya cabut berkas di Samsat bandung timur cuma 75 Ribu saja (resmi bayar di BRI) tidak ada pungli sedikitpun, salut buat Samsat Bandung timur
ReplyDelete